Rabu, 16 Desember 2015

MARKETING ONLINE / PEMASARAN INTERNET



Pemasaran Internet atau Marketing Online adalah segala upaya yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media elektronik atau Internet. Dengan terciptanya teknologi Internet, banyak istilah baru yang menggunakan awalan huruf e, seperti halnya: e-mail, e business, e-gov, e-society, dll.
Banyak orang beranggapan bahwa pemasaran Internet adalah segala hal yang berhubungan dengan mencari uang di Internet, yang sebetulnya hal ini tidak benar. Perlu diketahui bahwa sebagian besar program mencari uang di Internet adalah kegiatan yang dilarang dan merupakan kecurangan alias penipuan yang hanya menguntungkan untuk orang atau badan tertentu saja.


lingkungan marketing online

Kegiatan pemasaran Internet umumnya meliputi atau berkisar pada hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek atau pencarian pembeli dan penulisan kalimat-kalimat pemasaran untuk menjual produk atau jasa. Pemasaran Internet ini secara umum meliputi kegiatan jasa digital, produk digital, dan periklanan dengan menggunakan spanduk digital. Periklanan dengan menggunakan spanduk digital seperti promosi melalui:


Kegiatan pemasaran Internet yang efektif meliputi banyak strategi dari optimisasi mesin pencarijejaring sosial, dan iklan berbayar per klik. Dengan beragamnya strategi tersebut maka pembelajaran yang berkelanjutan untuk hal ini sangat penting.


Manfaat Marketing Online

  1.   Tidak terbatas dengan waktu karena bisa diakses 24 jam.
  2.   Menjagkau pasar yang lebih luas, bahkan sampai ke manca negara.
  3.   Mengurangi biaya pemasaran karena tidak perlu membuat outlet secara            phisik dan juga tidak perlu brosur, spanduk, dan sebagainya.
  4. Memudahkah pelaku usaha untuk menjalin hubungan dengan konsumen            melalui komunikasi interaktif dengan memanfaatkan ruang                                diskusi chattingatau email
 5. Strategi pemasaran lewat internet bisa memberikan nilai lebih dalam          menghadapi persaingan.


Bagaimana cara kerja online marketing yang sukses ?

Siapapun anda dan bisnis apapun yang anda miliki; anda dapat memanfaatkan internet untuk menjalankan sebuah online marketing untuk produk/ jasa yang anda miliki. Dengan strategi pemasaran seperti ini; anda akan dapat lebih mudah untuk menarik lebih konsumen dan juga pebisnis lain yang tertarik untuk memiliki kerja sama bisnis pada anda.

Marketing Online  ini juga akan memungkinkan anda untuk memperluas cakupan pemasaran anda; ke daerah lain atau bahkan ke luar negeri.
Menjalankan sebuah bisnis dengan online  marketing ini; juga akan memberikan anda keuntungan yang lebih. Bayangkan saja; dengan anda mengeluarkan modal untuk strategi bisnis ini anda akan mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda dari jumlah konsumen dan klien bisnis yang akan anda dapatkan dari online marketing ini.

Ini berarti bahwa; meski anda perlu mengeluarkan modal yang lebih besar untuk strategi ini, anda tidak akan menderita kerugian; bahkan keuntungan yang akan anda peroleh akan jauh lebih menjanjikan.
Berbisnis dengan strategi online marketing ini akan lebih menguntungkan anda apabila produk/ jasa yang anda tawarkan adalah produk/ jasa yang menarik untuk banyak orang. Contohnya saja; produk yang akan anda pasarkan adalah berbagai macam sepatu.
Anda harus memastikan bahwa sepatu yang anda tawarkan memilki keistimewaan; dari segi model, kualitas bahan, atau mungkin harga yang anda tawarkan. Oleh karena online  marketing adalah bisnis yang tidak dilakukan dengan bertatap muka secara langsung; anda harus dapat meyakinkan konsumen dan mendapatkan kepercayaan mereka untuk mencapai suatu kesepakatan bisnis.

Hal yang harus dilakukan dalam online marketing

Untuk meraih kepercayaan konsumen dalam online marketing ini, anda juga perlu menampilkan semacam pembuktian atau testimoni dari beberapa pihak tentang produk atau jasa yang anda tawarkan.
Testimoni ini sangat diperlukan agar calon konsumen anda dapat percaya untuk menjadi konsumen anda. Selain itu, cara mendesain website/ blog online marketing; dimana anda akan menampilkan toko anda secara online, juga harus lebih menarik.


Menampilkan beberapa gambar atau foto yang berhubungan dengan produk/ jasa yang ditawarkan adalah sebuah keharusan dalam online marketing. Tentu saja anda harus memastikan bahwa gambar-gambar tersebut merupakan gambar-gambar berkualitas; karena ini juga akan menunjukkan profesionalitas anda. Di dalam website/ blog anda tentunya anda menawarkan produk/ jasa yang anda miliki. Dalam online  marketing; bahasa periklanan juga merupakan salah satu kunci utama dalam mencapai keberhasilan. Anda dapat menarik lebih banyak konsumen dengan kalimat-kalimat persuasif anda.

Namun, terlalu banyak mengumbar janji juga tidak akan terlalu efektif; karena pengunjung website akan berfikir bahwa anda sedang membual. Kesederhanaan yang tetap mengusung keefektifan adalah kunci utama dalam online marketing. Hal ini akan lebih menunjukkan seberapa besar profesionalitas anda dan seberapa besar kualitas yang anda tawarkan.


Di dalam berbisnis, keberhasilan dalam meraih keuntungan maksimal adalah sebuah tujuan utama. Online marketing adalah sebuah strategi pemasaran yang mungkin akan sangat menguntungkan bagi anda. Ingatlah bahwa memiliki website/ blog yang menarik adalah unsur utama untuk mencapai kesuksesan sebuah online marketing. Jadi, desain website/ blog yang semenarik mungkin akan menjadi faktor utama untuk mendapat pengunjung lebih dan peningkatan jumlah pelanggan pada bisnis anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar